Trilogi Nusa Putra Sebagai Acuan Kehidupan Sehari-Hari

 Trilogi Nusa Putra Sebagai Acuan Kehidupan  Sehari – hari

 

Assalamualaikum Wr Wb.

Setelah Mengikuti Seminar Kenusaputraan yang dilakukan secara hybrid  pada hari Jumat 10 Februari 2023 yang telah dijelaskan oleh Rektor kami yaitu Dr.H Kurniawan,ST.,M.Si.,MM. Beliau menjelaskan kepada kami mengenai Trilogi Nusa Putra.

Saya Silvi, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Nusa Putra, akan sedikit menceritakan lagi mengenai pengalaman saya tentang Nilai Trilogi Nusa Putra dalam kehidupan sehari – hari.

Universitas Nusa Putra ini memiliki Nilai-nilai luhur sekaligus juga merupakan Manifesto dalam perjuangannya untuk meraih Visi & Misi.  Adapum Nilai-nilai itu disebut dengan Trilogi Nusa Putra yang harus dijungjung tinggi dan menjadi bagian dalam kehidupan seluruh insan Nusa Putra diantaranya:

1.      Amor Deus (Cinta Kasih Tuhan)

Pada website nusaputra.ac.id bahwa Amor Deus adalah diartikan “Sebagai anugerah cahaya insan Nusa Putra untuk tetap menjalankan syariat agama, beragama merupakan kebutuhan dan cinta kita kepada Tuhan, bukan lagi sebagai kewajiban.”.

Sebagai seorang Mahasiswa Muslim khusus nya saya mencintai seorang Pencipta adalah wajib dalam artian kita harus memiliki Cinta dan Iman terhadap Allah SWT. Cinta yang dimaksud bisa dalam berupa mengamalkan Ajaran-Nya dan juga menjauhi Larangan-Nya. 

Bentuk cinta yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari – hari sebagai contoh adalah melaksanakan Sholat 5 waktu dengan penuh khusyuan dan Mempringati Hari-hari besar islam, salah satunya Bulan Rajab yaitu sebagai rasa cinta kita kepada Allah SWT serta Rasulullah juga menghindari apa yang diharamkan oleh Allah SWT dan Rasulullah.


Poto Kegiatan Dalam Memperingati Bulan Rajab Bersama santriwati pondok pesantren assalam


1.      Amor Parentium (Cinta Kasih Orang Tua)

Menurut saya cinta kepada orang tua itu bukanlah sesuatu yang dicari, Melainkan Dibentuk, Perjalanan yang cukup panjang bersama orang tua tentunya akan melahirkan rasa kasih sayang dan cinta terhadap kedua orang tua kita. Rasa dilindungi, rasa dicintai, rasa di sayangi yang kita dapatkan dari orang tua kita tidak dapat digantikan dengan apapun.

Oleh karena itu Rasa kasih sayang saya tidak bisa digambarkan dengan apapun. Maka sebagai insan yang diciptakan sesempurna mungkin oleh Allah SWT maka hendaknya kita menyayangi kedua orang tua kita karena Mencintai Orang tua kita adalah perbuatan yang paling dicintai oleh Allah SWT setelah Sholat pada waktunya.

Sebagai contoh yang saya lakukan adalah membuktikan bahwasanya saya bisa menjadi sesosok anak yang mereka inginkan dari awal ,dan membuat mereka tersenyum akan hasil daripada jerih payah saya pribadi



 

Foto ini diambil ketika saya sedang merayakan wisuda hari kelulusan dari pesantren modern assalam


1.      Amor Concervis (Cinta Kasih Sesama)

“Sebagai pengikat insan Nusa Putra untuk menjalani hidup berdampingan secara damai dalam menyikapi setiap perbedaan, karena Tuhan berkehendak atas adanya suatu perbedaan itu sendiri”

“Jika kalian tidak bersaudara secara Agama, maka kalian adalah saudara secara kemanusiaan”. sebagai seorang insan yang lemah dan butuh pertolongan semestinya kita memiliki rasa cinta kasih kepada sesama manusia. Maksud cinta kasih kepada sesama adalah Rasa ingin tolong menolong, membantu sesama dan juga memiliki sifat gotong royong karena pada Akhirnya manusia adalah mahluk ciptaan tuhan yang tidak bisa hidup sendiri melainkan saling membutuhkan satu sama lain.

Sebagai contoh bentuk cinta yang dapat dilakukan adalah dengan membantu sesama, dalam bentuk Materi, Doa, dan Support tergantung bagaimana kesanggupan kita. Maka dari itu saya mengajak kepada semua orang yang membaca tulisan ini untuk saling membantu dalam hal apapun kepada sesama dengan niat ikhlas dan ibadah karena Allah SWT


Foto pembelajaran kepada anak sekolah dasar


“Karena sebaik – baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi yang lainnya”. – Penulis, 2023


Komentar